5 Tanda Penting Kalo Tubuh Anda Perlu Karbo

https://fokuspos.com/2018/08/5-tanda-penting-kalo-tubuh-anda-perlu-karbo/
5 Tanda Penting Kalo Tubuh Anda Perlu Karbo.
Bagi pecinta gaya hidup sehat, karbohidrat atau sering disingkat karbo memiliki reputasi yang kurang baik. Tidak sedikit dari mereka yang diet mengeliminasi karbo dari menu makanan sehat mereka.
Dietary Guidelines for American menyebutkan tubuh membutuhkan 45 sampai 65 persen kalori dari karbo yang dikonsumsi.
Jadi jika seseorang makan sekitar 2000 kalori sehari, artinya sekitar 900 sampai 1.300 kalori diantaranya bersumber dari karbohidrat. Padahal sejatinya karbo tetap dibutuhkan agar tubuh dapat bekerja secara optimal.

Napas bau
ilustrasi mulut bau
Saat tidak mendapatkan cukup karbo, tubuh akan membakar lemak dan protein untuk mengubahkan menjadi energi. Energi seharusnya hasil pembakaran karbo. Proses ini disebut juga dengan ketosis. Efek samping dari ketosis adalah napas bau karena proses ini mengeluarkan asam keton yang bersifat bau.

Perut kembung
Ilustrasi perut kembung
Melewatkan karbo akan membuat Anda kekurangan serat. Kekurangan serat bisa berujung pada rasa kembung di perut. Salah satu solusi menghilangkan rasa kembung yaitu dengan banyak minum air putih untuk membantu membersihkan perut. Penuhi juga asupan karbo dari buah seperti pisang, buah beri dan ceri. Anda juga bisa mengonsumsi karbo baik dari kentang, beras merah dan gandum.

Sulit berkonsentrasi

Layaknya tubuh, otak menggunakan karbo sebagai energi. Anda akan sulit berkonsentrasi ketika tubuh tidak cukup mendapatkan energi. Otak memerlukan cukup karbo untuk bekerja optimal.

Selalu merasa lapar

Kebanyakan karbo sehat mengandung tinggi serat yang bisa membuat kenyang lebih lama. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang cukup mendapatkan asupan serat lebih bisa mengurangi nafsu makan dan memakan sedikit kalori.

Menggigil

Orang yang melakukan diet karbo berisiko melemahkan fungsi tiroid. Ini akan membuat tubuh sulit mengendalikan temperatur internal. Meski telah berselimut, tubuh akan tetap menggigil jika Anda tidak cukup mengonsumsi karbo, dilansir dari Reader’s Digest.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Makanan Yang Sehat dan Bergizi Bagi Anak

Mata Uang Tidak Bisa Melawan Dolar